Selasa, 27 Januari 2015

Peran istri untuk mencegah suami melakukan korupsi

ISTRI jadi PENOLAK KORUPSI BAPAK

Assalamualaikum wr. wb

 

ISTRI jadi PENOLAK KORUPSI BAPAK

by. @erisudewoID

KPK kini mulai kampanyekan tangkal korupsi berbasis keluarga. Maka bahasan kita tentang keluarga beberapa minggu ini, agaknya jadi pas. Dr. Nilam Zulaika bertanya jika isteri bertanya asal-usul uang dan dijawab halal oleh suami, apakah berikutnya masih jadi tg-jwb isteri?
Jelas, MASIH. Tak cukup hanya sekadar dijawab halal, lantas soal pun dianggap selesai. Ada 2 hal yg layak simak. Ke-1 halal itu punya padanan. Thayib namanya. Jadinya halal dan thayib. Maknanya baik alias tak rusak. Bersih tak tercemari kotor. Apa contoh halal tapi tak thayib? Itu ibarat makanan halal tapi diberi formalin, borax, atau diwarnai dengan pewarna tekstil.

Ebook Motivasi


Ke-2 bandingkan daging babi dan uang korupsi. Kendati dibeli dengan uang halal, tetap saja babi haram. Sebab dagingnya memang haram. Sedang uang dibuat dari kertas atau logam. Unsur pembentuknya tak najis. Hanya karena diperoleh dengan mencuri, jatuhnya jadi haram. Ketika disodori babi, yg muslim langsung tolak. Jika tak tahu dan dimakan, apakah yg haram juga otomatis tertolak di tubuh kita?
Jawabnya jelas TIDAK. Yang haram dan halal tetap menyatu dalam diri. Sekali dua kali mungkin termaafkan. Jika terus-terusan? Meski dijawab halal tapi tak yakin asal-usul uang, kedudukan jadi subhat. Dalam urusan subhat begini ada 2 pendapat

Ebook Motivasi


Pendapat ke-1 membolehkan. Saat uang itu memang halal, amanlah sang isteri dan anak-anaknya. Ketika tak halal, ini bisa menjerumuskan. Pendapat ke-2 menolak. Meski dikatakan halal, boleh saja isteri tetap melacak asal usul uang. Sebab uang ini dipakai untuk anak isteri. Prinsip kehati-hatian ini yg musti dijaga. Saat Abu Bakar ra diberi tahu tak jelas asal makanan, dia muntahkan dgn menyodok tenggorokan. Sampai sejauh mana isteri harus tahu pekerjaan suami? Harus dibedakan antara prinsip dasar pekerjaan dan teknis detail pekerjaan. Untuk halal dan thayib, isteri harus tahu sedalam-dalamnya. Ini prinsip dasar. Tak ada toleransi. Saat suami bawa uang tak halal, tolak.
Bukan hanya uang hasil korupsi. Jika suami terlibat bisnis tak halal, isteri mesti tegur. Tiada kata tak enak, tak etis, ikut campur. . Bandingannya jika isteri bertanya halal tidaknya pada suami, itu cuma pertanyaan isteri. Tak enaknya hanya menyangkut hub suami isteri. Jika yg bertanya malaikat, pertanyaannya bukan hanya pada suami, melainkan juga pada isteri. Mengapa suami korup isteri diam saja?


Sekali lagi ingat, isteri tak perlu tahu detail pekerjaan teknis suami. Tapi isteri harus tahu pekerjaan itu halal atau tidak. TITIK. Lantas pertanyaan lanjutan dr. Nilam Zulaika. Bagaimana jika uang itu diberikan kepada “wanita lain?” Yg pertama pastikan dahulu kedudukan “wanita lain” itu. Sah dinikahi, uang halal yg diberikan pada “wanita lain” itu tetap halal. Tak dinikahi, ya “tak nikah”-nya itu sudah jelas haram. Uang halal yg diberikan jadi haram pula. Apalagi uang korupsi. Jadinya 2 x haram. Nah kini kembali kepada esensi. Ibu sebagai tiang rumah tangga, jangan kompromi untuk terima uang yg tak jelas dari suami.
Uang haram untuk nafkah keluarga, itu merusak tubuh dan jiwa seluruh keluarga. Keluarga ini sehari-harinya pasti dan terus bermasalah. Anak-anak jadi susah diarahkan. Suami isteri ribut selalu. Dengan tetangga juga. Mengapa? Uang korupsi telah merusak jiwa keluarga itu. Bagaimana tidak rusak. Ibaratkan uang haram itu bagai bara api. Makin banyak korup, makin banyak bara api yg dihimpun. Sepakat?

Ebook Motivasi

Lantas bgmn caranya uang korupsi dijaga agar tak terbongkar. Artinya bara api dipegang erat-erat agar tak terbongkar. Panas/terbakar? Korupsi pun banyak dilakukan berjamaah, disimpan, dan dikerahkan segala sumber daya agar aman. Ada uang dengar, pelicin, dan uang rokok. Artinya tiap orang minta bagian. Mereka meminta untuk dapatkan bara api. Apakah uang korupsi itu bermanfaat? Jawabnya jelas tidak. Uang korupsi dimakan. Artinya bara api dimakan anak isteri. Sekali lagi, apakah itu tidak membakar seluruh anggota keluarga?

WASSALAM..

=========================================================================================================================

Ingin hidup jadi lebih bermakna... Kita harus dapat suntikan motivasi setiap hari.. supaya hidup terus berkembang.. coba deh anda klik gambar ini mungkin akan memberikan

wawasan dan pengetahuan baru bagi anda..

Ebook Motivasi 250x250

Tidak ada komentar:

Posting Komentar