Kamis, 29 Januari 2015

CARA MEMBAGI PEKERJAAN RUMAH PADA SETIAP ANGGOTA KELUARGA

CARA MEMBAGI PEKERJAAN RUMAH PADA SETIAP ANGGOTA KELUARGA

Assalamualaikum wr. wb

CARA MEMBAGI PEKERJAAN RUMAH PADA SETIAP ANGGOTA KELUARGA

by. @erisudewoID

 

Tak ada rumah yg usai penghuninya menikah, lantas simsalabim dalam waktu semalam bisa sediakan kehangatan sampai jadi kakek nenek. Kehangatan itu mesti dijagai, dirawat, dan dihidup-hidupkan. Caranya bagaimana? Ya tiap anggota keluarga mesti disadarkan perannya. Siapa yang mesti memulai? Siapa lagi jika bukan ibu-bapak. Anak-anak tergantung arahan ibu yang kepala RT dan bapak yang kepala keluarga. Apa yg pertama harus dilakukan? Di antara yg utama, ternyata beresi rumah agar rapih. Tata rumah punya kaitan kuat dalam kehangatan. Rumah rapih, sedari awal sudah tawari kehangatan sentuhan. Siap siaga terima para tamu siapapun dan kapanpun di rumah ini.
Tempat yang paling bisa memberi kehangatan adalah rumah. Tapi tak setiap rumah bisa beri kehangatan.  Tak perlu kocar-kacir panik berbenah. Karena terima kabar, mendadak ada tamu besar hendak datang bertandang ke rumah.  Rumah yg tertata, buat bapak dan anak-anak tersenyum sumringah melihat kerapihan. Penat seharian di luar rumah seolah lunas punah.


Ebook Motivasi

Ibu juga senang. Jerih payahnya sebagai penjaga gawang terhargai. Bisa nyamankan suasana hati suami dan anak-anaknya. Otomatis suasana langsung terbalut kehangatan. Tanpa perlu membawa oleh-oleh luar biasa atau uang bertumpuk-tumpuk.  Sebab kerapihan rumah itu pilihan. Bisa dilakukan oleh siapapun yg namanya ibu. Ini bicara kemauan, komit, konsisten dan disiplin. Sedang tumpukan uang bukan pilihan. Sebab tak semua orang bisa mencari uang bertumpuk. Ini bicara kemampuan dan anugerah rezeki. Jika rumah kotor dan berantakan, pesan emosional diberikan. Sedari awal sambutannya tampak tak welcome dan hangat. Itu bahasa rumah. Kerapihan tanda kehangatan. Kotor dan berantakan, tanda tak siap terima siapapun. Itu bahasa rumah. Kerapihan tanda kehangatan. Kotor dan berantakan, tanda tak siap terima siapapun. Jangankan tamu, bahkan bapak dan anak-anak pun tak disambut hangat oleh rumah yang berantakan.


Ebook Motivasi

Rumah adalah tempat latihan. Normatifnya, rapih dan kacau-balaunya akan turun ke anak-anak. Anak tak dapat hidup di tempat yg mereka takut menyentuh apapun. Sebab ibu yang bionic woman siap semprot yang ganggu kerapihan. . Tetapi anak juga akan jadi liar di rumah yg kondisinya kacau-balau. Ibu-bapak tak peduli pada kondisi rumah bagai kapal pecah. Sebelum terlambat, langkah pertama bereskan kekacauan. Caranya delegasikan pekerjaan pada anggota rumah. semua penghuni bekerja, Anak-anak akan hormati dirinya karena punya kompetensi. Lakukan pekerjaan rumah adalah satu cara efektif tingkatkan kompetensi.


Amat buruk ketika orang tua kerjakan semua hal. Ini harus dicegah. Tak baik ada yg kerja, ada yg sama sekali tak sentuh pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah bangkitkan tanggung-jawab. Amat berbahaya orang tua yg biarkan anaknya jadi penguasa. Tanggung jawabnya lepas . Orang lain diminta untuk benahi pekerjaan kotor mereka. Apalagi orang tua justru marahi PRT yang ogah-ogahan beresi hasil kekacauannya. Di sekolah pun anak-anak harus lakukan tugas. Mereka lakukan itu tanpa keluhan. Nah mengapa di rumah sendiri jadi mengeluh. Anggota keluarga tanggung-jawab atas kerapihan kamarnya. Kasur dirapihkan usai dipakai. Mesti ganti sprei dan sarung bantal pd saatnya.


Ebook Motivasi

Baju-baju kotor taruh di keranjang. Jangan biarkan dan biasakan anak untuk lempar pakaian kotor kemanapun. Meja makan ditata utk dibersihkan seperti semula. Piring taruh di tempat cucian. Lebih baik lagi minta untuk membilas, cuci, keringkan. Sampah masukkan ke kantong dan letakkan di tempat sampah. Lantai digilir untuk disapu dan dipel. Untuk lantai tak perlu dilakukan tiap hari. Cukup 2 atau 3 hari sekali. Bersih-bersih adalah pekerjaan paling mudah bagi balita. Apapun yg mereka lakukan jangan dikritik. Malah beri pujian/apresiasi. Karena dengan ukuran tangan mungil mereka bersih-bersih.


Ebook Motivasi

Beri kesempatan untuk anak-anak mencoba. Ketika ada yg tak bersih, bicarakan nanti ketika makan malam. Bukan dikritik habis. Anak-anak yg makan kue/buah, sama banyak dengan yg tercecer. Mulailah dg makan di dekat tempat cucian piring. Selesai langsung diberesi. Apakah membersihkan kebun dan bersihkan rumah total adalah pekerjaan yg akan mendapat tambahan uang saku? Nah ini kebijakan ortu saja.


Ebook Motivasi

Menarik tidaknya pekerjaan rumah tergantung dorongan orang tua. Ingat ibu adalah “maniak pekerjaan”. Tak tahan kalau anak-anak tak becus. Tak tahannya ibu kerap mengritik bukan mengapresiasi. Anak-anak perlu latihan. Jadi biarkan mereka kerjakan dgn masih adanya kekeliruan.  Ibu yang maniak mesti hati-hati. Sebab dia lebih senang dan menyukai berlama-lama dengan pekerjaannya daripada dengan anak-anaknya

WASSALAMUALAIKUM WR. WB... =================================================================================================================================================== Ingin hidup jadi lebih bermakna... Kita harus dapat suntikan motivasi setiap hari.. supaya hidup terus berkembang.. coba deh anda klik gambar ini mungkin akan memberikan

wawasan dan pengetahuan baru bagi anda..

Ebook Motivasi 250x250

Tidak ada komentar:

Posting Komentar